20.9.10

Modifikasi Sepeda Motor Honda




Tips Merawat Sepeda Motor Honda





Cek Kondisi Oli

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Honda yaitu Oli Federal.

Cek Kondisi Aki

Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin

Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin 1 Menit

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa tekanan angin ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli Honda

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Ok sobat selamat merawat motor Honda kesayangan, jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima. 



By. Admin Posting












======================================================================================================================================

Foto Modifikasi Motor Honda Moped

Modifikasi baru ataupun modifikasi motor tua.
Kali ini, saya akan tampilkan kumpulan foto modifikasi motor Honda Moped :
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda MopedFoto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped

Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped


Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped
Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped




Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped



Foto Unik : Modifikasi Motor Honda Moped





By. Admin Posting







==========================================================================================================





Tips Modifikasi Pemula
 
Modifikasi Sepeda Motor Bebek Untuk Pemula



Pada posting ini saya hanya membicarakan modifikasi motor bebek untuk awam (yang belum atau tidak begitu mengerti tentang modifikasi). Modifikasi tentu mempunyai tujuan. Misalnya: membuat tampilan motor lebih bagus, meningkatkan kinerja mesin, maupun menambah fungsionalitas dari kendaraan itu sendiri.
Mempercantik tampilan motor dapat dengan berbagai cara. Misal:  menutup striping dengan cutting sticker, mengganti lampu belakang dengan lampu yang berwarna-warni, mengganti spion, memasang undertail, meninggikan sok belakang dengan pen(ini berbahaya), ganti sok belakang agar lebih tinggi, ganti ban lebih besar dan lebar, memasang disc brake diameter besar, memasang footstep underbone, memasang spakbor dalam (model motogp), memasang indikator takometer (pengukur rpm), voltmeter, shifter light maupun indikator lainnya. Takometer atau pengukur rpm (rotary per minute) yang model analog lebih baik. Tapi jangan yang murahan. Harus bermerek semisal Hyperpro, Movic, Autogauge, Ragongauge. Kalo rpm digital hanya displaynya aja yang kesannya bagus. Tapi kurang fungsional dan susah dipantau di siang hari. Tapi takometer (rpm) digital memang lebih murah. Cara memasang takometer digital yaitu salah satu kabel dililit ke kabel busi yang terletak setelah koil.

rpm digital
rpm digital
Meningkatkan performa mesin juga dapat dengan berbagai cara. Yaitu: ganti karburator, CDI unlimiter, knalpot, bore up mesin, dan lain-lain.
Meningkatkan fungsionalitas dapat dilakukan dengan memberi bagasi tengah, box belakang, gantungan barang. Umumnya tidak memakan banyak biaya. Karena paling sederhana.

Yang perlu diwaspadai adalah : Terkadang modifikasi malah menimbulkan banyak masalah. Tujuan tidak tercapai, namun masalah malah muncul. Semisal: setelah ganti karburator, mesin jadi mbrebet. Setelah ganti piringan lebar, pengereman menjadi tidak pakem dan kekuatan pengereman menjadi tidak merata. Setelah ganti ban lebar, ban menjadi oleng. Hal tersebut dikarenakan parts yang mungkin kurang kompatibel. Itu baru beberapa dari sekian contoh masalah yang timbul setelah modifikasi. Jika bengkel terlalu banyak melakukan akal-akalan dalam memodofikasi motor anda, sebaiknya batalkan saja. Parts yang dipasang harus langsung plug n play. Masalah-masalah yang muncul tersebut bukan tidak mungkin dapat merenggut nyawa. Misal, ketika menikung, sok patah karena dipasangi pen. Akibatnya anda kehilangan kestabilan dan jatuh.  Bukannya menakut-nakuti. Tetapi memang ada kemungkinan.
Maka, ketika memodifikasi, carilah informasi letak bengkel atau toko variasi yang dikenal berkualitas. Jika modifikasi yang dilakukan tergolong ekstrem, anda harus meminta tolong builder atau modifikator. Tidak bisa jika hanya sekedar penjual aksesoris. Dua poin sangat penting yaitu: Modifikasi tidak mengganggu kenyamanan berkendara dan tidak mengurangi fungsi motor sebagai alat transportasi yang aman dikendarai, nyaman, dan rendah dalam biaya operasional.
Sekian, semoga posting ini bermanfaat 

By. Admin Posting


>>>Back to Beranda<<<

0 komentar:

Poskan Komentar