19.9.10

Rubrik Sepeda Motor Honda dan Yamaha

Perang CV Matic Motor: Honda VS Yamaha

Setelah beberapa waktu yang lalu Honda mengumumkan teknologi CV Matic, transmisi automatic untuk sepeda motor jenis bebek. Kini giliran Yamaha yang mengumumkan teknologi serupa yang diberi nama Yamaha Compact Automatic Transmission (YCAT).

Melalui release resminya Honda mengumumkan CV matic di bulan September 2009, sedangkan YCAT resmi di umumkan pada Oktober 2009 lalu.

Melihat konstruksinya, kedua transmisi baru ini memiliki desain yang sangat mirip dan tak jauh berbeda.

Entah siapa yang duluan punya ide untuk membuatnya namun yang paling penting adalah terobosan teknologi ini memfasilitasi keinginan konsumen yang ingin tetap naik motor bebek dengan segala kelebihan fungsionalnya tapi menginginkan transmisi automatic layaknya skutik yang kini sedang booming.

CV matic dan YCAT sama-sama merancang transmisi ini untuk mesin bebek berkapasitas mesin antara 100 sampai 125cc. Mekanisme continuously variable transmission (CVT) yang dipakai skutik dipindahkan ke mesin bebek tapi tentunya tanpa merubah tata letak apapun dari mesin bebek.

Terlihat dari luar, nantinya mesin akan tetap berada sejajar dengan footspeg dan tetap ada rantai dan final gear sebagai transfer tenaga terakhir ke roda. Lalu CVT-nya diletakkan di mana? Kedua pabrikan ini sama-sama mendesain CVT di ruang kopling pada mesin bebek konvensional.

Bila umumnya keluar dari kruk as di gear box sebelah kanan adalah ruang untuk rumah kopling sentrifugal. Sedang pada CV Matic dan YCAT ruang ini dijadikan ruang untuk CVT. Bentuknya memang tak sepanjang CVT pada skutik, dengan pully berdiameter lebih besar. Baru dari driven pully (pully belakang) terhubung ke final gear dan rantai yang meneruskan transfer tenaga ke roda.

Nah yang membedakan diantara CV matic dan YCAT adalah konstruksi pendinginannya di CVT. Keduanya sama-sama memiliki lubang masuk udara di drive pully (pully depan), namun pada YCAT dilengkapi dengan belalai yang moncongnya terletak di sebelah filter udara.

Sedang CV matic belum menjelaskan posisi lubang masuknya udara, hanya ada lubang di atas drive pully. Sedang tempat keluarnya udara yang telah melewati CVT sama-sama di atas driven pully.

Rencananya Yamaha akan segera memproduksi bebek dengan transmisi automatic ini pada 2010 mendatang untuk pasar sepeda motor di Asean. Dan negara yang paling pertama akan mendapat jatah adalah Vietnam.

Kita tunggu saja, mana yang pertama kali masuk ke Indonesia, CV Matic atau YCAT?
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

mega komparasi :

Astra Honda Motor 

Yamaha Motor Kencana Indonesia

gelut.jpg
Postingan kali ini untuk memfasilitasi kegatalan konsumen sepeda motor tanah air. Karena sangat tidak adil jika kita hanya membicarakan beberapa produk tanpa melihat latar belakang ATPM dan produsen dibelakangnya. Berbeda dengan produsen motor eropa yang cenderung mementingkan kualitas produk tanpa memikirkan keuntungan (nggak heran makanya Bimota, Benelli sampai MV Agusta sampai bisa bangkrut) di Indonesia ATPM disini tentunya mementingkan keuntungan sebesar besarnya diatas segala galanya baru kemudian kepuasan konsumen dan terakhir teknologi produk. Jadi komparasi kali ini kita menilai dua hal terakhir (kepuasan konsumen dan teknologi produk) tidak lupa dukungan perusahaan leasing yang juga mampu mendongkrak penjualan motor tersebut.
Sekilas – Astra Honda Motor
Berdiri pada tahun 1971 dengan nama PT Federal Motor kemudian berubah menjadi Astra Honda Motor pada tahun 2000 setelah melakukan merger. Memiliki 3 line produksi dengan mempekerjakan 13.027 orang karyawan. Kapasitas produksi AHM adalah 3 juta unit setahun. Telah memproduksi motor sebanyak 15 juta unit lebih.
Penjualan : Memiliki jaringan showroom di 30 propinsi sebanyak lebih dari 1500 dealer
Jaringan 3s : AHASS merupakan andalan AHM dalam memuaskan konsumen
Produk unggulan : Honda Supra dan Honda Megapro
Produk kebanggaan : Honda Tiger Revo
Produk ikon – legendaris : Honda Tiger 2000 dan Honda Astrea
Kunci sukses Astra Honda Motor
Setiap produsen tentunya memiliki strategi khusus dalam memasarkan produknya, AHM yang selama ini menguasai pasar domestik tentunya memiliki beberapa strategi khusus diantaranya
Promosi : Menonjolkan image sebagai motor paling hemat dikelasnya
Jaminan : Produk awet dengan suku cadang terjamin melalui AHASS
Kritik terhadap AHM
Pasti ada yang tidak puas terhadap ATPM satu ini, dan keluhan konsumen yang paling di suarakan antara lain
Produk outdated : Sering dianggap Jadul dan terlalu sering berganti baju dan minim fitur baru
Minim Variasi : Seuluruh produk AHM kebanyakan merupakan produk kuda beban






Sekilas – Yamaha Motor Kencana Indonesia

Berdiri pada tahun 1974. Kini memiliki 3 jalur perakitan dengan mempekerjakan sekitar 6.000 lebih karyawan. Kapasitas produksi YMKI adalah 3.500 motor per hari atau sekitar 1.277.000 motor setahun. Sampai dengan tahun 2006 telah memadati indonesia dengan memproduksi 5 juta sepeda motor.
Memiliki dealer lebih dari 800 buah yang tersebar di 30 propinsi
Jaringan bengkel dikenal dengan Bengkel Resmi Yamaha
Produk Unggulan : Yamaha Vega R, Yamaha Mio
Produk kebanggan : Yamaha V-Ixion
Produk ikon – legendaris : Yamaha RX-King dan Yamaha F1Z
Kunci sukses penjualan Yamaha
Ini dia resep Yamaha sehingga bisa menempel bahkan mengungguli penjualan Astra Honda Motor
Promosi : Menonjolkan image motor kencang dan sporti plus keterlibatan Valentino Rossi
Jaminan : Produk memiliki fitur canggih dan bervariatif untuk pasar lokal
Kritik terhadap YMKI
Bagi konsumen yang alergi terhadap produk YMKI antara lain disebabkan oleh faktor berikut
Penjualan : Butuh inden berbulan bulan terutama yang ingin membeli secara cash.
Perawatan dan image Yamaha bagi sebagian kalangan masih berada dibawah Honda
Kesimpulan
Demi menjaga objektifitas INDOBIKERS maka untuk pertama kalinya INDOBIKERS memberikan kesimpulan yang cukup bias yaitu : Bagi bikers yang hobi terhadap kecepatan dan fashion mungkin bisa pilih produk Yamaha Motor Kencana Indonesia sedangkan bagi bikers yang menggunakan motor sebagai alat trasnportasi titik atau untuk perusahaan mungki produk AHM masih jadi pilihan paling logis. Tetapi kesimpulan akhir tetap ditangan anda :-D
Note : Perusahaan Leasing ke dua ATPM berimbang jadi nggak ada komparasinya apalagi statistiknya :-D

-----------------------------------------------------------------------------------------------


Comparasi Sepeda Motor 
Honda Absolut Revo 110 CC


Comparasi Sepeda Motor 
Honda Blade CW 


Comparasi Sepeda Motor
Honda Beat 

0 komentar:

Posting Komentar